Open Conference Systems, Seminar Nasional Sanata Dharma Berbagi 2022

Font Size: 
Pengembangan E-Booklet Interaktif pada Materi Bakteri Kelas X di Era Pembelajaran Hibrid
Meylinda Dewi Maharani Pratiwi, Yoanni Maria Lauda Feroniasanti

Last modified: 2022-09-24

Abstract


Blended Learning merupakan tantangan baru dalam dunia pendidikan. Implementasi pembelajaran di beberapa sekolah SMA di DIY masih terdapat kendala pada proses penerapannya, seperti : partisipasi peserta didik menurun, kuota & akses internet yang kurang memadai, serta kedisiplinan peserta didik. Selain itu, terdapat materi yang dirasa sulit untuk dipahami oleh peserta didik salah satunya adalah materi Bakteri, karena bersifat abstrak dan banyak teori dalam bahasa latin. Pengembangan media pembelajaran berupa e-booklet interaktif menjadi salah satu solusi dalam mengatasi permasalahan yang diharapkan dalam memperoleh jaringan dan memberikan materi pelajaran yang bervariatif sehingga dapat meningkatkan partisipasi peserta didik.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Borg & Gall dalam Sugiyono (2016), hingga tahap perbaikan produk. Pengambilan data dilakukan dengan teknik wawancara dan kuisioner. Selanjutnya data dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Media E-Booklet Interaktif memuat isi yang ringkas, gambar, video, dan evaluasi, serta dapat diakses secara online dan offline melalui perangkat android, dan PC. Berdasarkan validasi dari para ahli mendapatkan rata-rata skor 93,56% dengan kriteria “Sangat Valid”, sehingga produk media pembelajaran E-Booklet Interaktif pada materi bakteri Kelas X layak untuk digunakan atau diuji coba terbatas sesuai saran dari para ahli.