Open Conference Systems, Seminar Nasional Sanata Dharma Berbagi 2022

Font Size: 
UJI KELAYAKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING TERINTEGRASI FLIPPED CLASSROOM PADA MATERI ANIMALIA KELAS X SMA
Lilihan Sabdarum Putri, Puspita Ratna Susilawati

Last modified: 2022-09-25

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran model problem-based learning terintegrasi flipped classroom pada materi Animalia kelas X SMA dan untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran model problem-based learning terintegrasi flipped classroom pada materi Animalia kelas X SMA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) digunakan sebagai acuan dan pelaksanaannya dibatasi sampai tahap ketiga yaitu development (pengembangan). Produk yang dikembangkan diuji kelayakannya oleh empat validator yang terdiri dari dua praktisi pembelajaran (guru) dan dua ahli yaitu ahli bidang pendidikan dan bidang keilmuan biologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan instrumen berupa daftar pertanyaan wawancara analisis kebutuhan dan kuesioner dengan instrumen berupa kuesioner uji kelayakan produk. Produk penelitian dan pengembangan yang dihasilkan adalah perangkat pembelajaran berupa silabus, RPP dan lampiran RPP berupa materi. LKPD dan instrumen evaluasi yang dikemas dalam bentuk website. Hasil uji kelayakan produk menunjukkan bahwa silabus memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,71 dan RPP memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,83 dengan kriteria keduanya adalah “Sangat Baik”. Produk tersebut dinyatakan layak digunakan sebagai perangkat pembelajaran dengan perbaikan.