Open Conference Systems, Seminar Nasional Sanata Dharma Berbagi 2022

Font Size: 
PENGEMBANGAN MICROLEARNING E-MODUL BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MANDIRI
Syaharullah Disa, Purnamawati Purnamawati, Andi Muhammad Idkhan

Last modified: 2022-09-29

Abstract


Pembelajaran dimasa pandemi covid-19, memaksa kita untuk menemukan strategi pembelajaran yang efektif dan  memotivasi peserta didik melakukan pembelajaran secara mandiri. Berbagai perangkat pembelajaran terus dikembankan sesuai dengan karakteristik peserta didik generasi-Z. Microlearning e-modul, salah satu perangkat pembelejaran merupakan pengembangan dari modul konvensional yang memanfaatkan teknologi informasi.  Dengan perangkat smartphone, peserta didik  dapat belajar melalui microlearning e-modul  dimana saja dan kapan saja. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan metode DevOps (development and operations) meliputi beberapa fase yaitu plan, develop, build, test, operate, dan monitor. Produk yang dihasilkan telah diuji kelayakan dan keunggulannya untuk meningkatkan kemandirian belajar.  Validits  microlearning e-modul meliputi 1) validasi ahli; 2) evaluasi kelompok kecil; dan 3) ujicoba lapangan.  Instrumen yang digunakan mengumpulan data adalah angket dan pre-tes, post-test.  Berdasrkan data, rata-rata persentase responden terhadap produk yang dikembangkan adalah  diatas 85% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil uji t sampel berpasangan sebesar 0.000 < 0.05, maka dapat disimpulkan ada perbedaan rata-rata hasil belajar mahassiwa pre-test dengan post-test  sebelum pembelajaran dan setelah pembelajaran dengan microlearning e-modul. Dengan demikian microlearning e-modul sangat efektif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar.

Keywords


e-modul, microlearning, android