Open Conference Systems, Seminar Nasional Sanata Dharma Berbagi 2022

Font Size: 
PENGEMBANGAN ALAT PERAGA KINCIR AIR TEMA 2 SUBTEMA 3 MATERI PERUBAHAN ENERGI PADA SISWA KELAS IV SD KANISIUS KENTENG
Amalia Titisari

Last modified: 2022-09-30

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kebutuhan alat peraga yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran IPA di sekolah dasar. Tujuan penelitian ini mengembangkan alat peraga kincir air tema 2 subtema 3 materi perubahan energi pada siswa kelas IV SD Kanisius Kenteng dan mengetahui kualitas alat peraga kincir air tema 2 subtema 3 materi perubahan energi pada siswa kelas IV SD Kanisius Kenteng.

Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) menggunakan tipe ADDIE. Subjek penelitian ini adalah sembilan siswa kelas IV SD Kanisius Kenteng tahun ajaran 2021/2022. Objek dalam penelitian ini adalah alat peraga kincir. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu, wawancara, kuesioner, observasi, dan tes.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) prosedur pengembangan alat peraga kincir air menggunakan langkah ADDIE yaitu, Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate; (2) kualitas alat peraga kincir air memperoleh skor rerata 3,79 masuk dalam kategori “Sangat baik”. Alat peraga kincir air memenuhi delapan karakteristik alat peraga (Carol Nancarrow, 2008) yaitu Growth-Oriented, Transferable, Time-Efficient, Results-Oriented, Essential, Feasible, Engaging, dan Functional. Dengan demikian, disimpulkan bahwa alat peraga kincir air memiliki kualitas sangat baik, layak digunakan untuk siswa kelas IV di SD Kanisius Kenteng.