Open Conference Systems, Seminar Nasional Sanata Dharma Berbagi 2022

Font Size: 
Edukasi Pengenalan Alat Musik Tradisional di Indonesia untuk anak SD berbasis Augmented Reality dengan menggunakan Aplikasi Gometa
yunika putri oktavia, I Dewa Ayu Sri Murdhani, Muhammad Sholeh S.T., M.T.

Last modified: 2022-10-06

Abstract


Penggunaan media pembelajaran saat ini, banyak sekali inovasi-inovasi yang dikembangkan,  khususnya pemanfaatan    teknologi informasi sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini memberikan alternatif media pembelajaran yang menggunakan teknologi informasi terutama berfokus pada penggunaan augmented reality. Pembelajaran yang akan dikembangkan yaitu pembelajaran yang ditujukan untuk anak-anak untuk mengenalkan alat musik tradisional di Indonesia. Media pembelajaran  dikembangakan berbasis Augmented Reality dengan menggunakan aplikasi gometa. Metode penelitian yang digunakan dalam mengembangkan media pembelajaran menggunakan metode Research and Development (R&D). Dengan menggunakan metode ini proses pengembangan aplikasi dapat dilakukan penambahan fitur-fitur selama dalam pengembangan. Hasil penelitian ini menghasilkan aplikasi augmented reality yang menampilkan alat musik tradisional di Indonesia dalam bentuk 3d dan dilengkapi dengan nama alat musik dan juga suara yang dihasilkan oleh alat musik tersebut, penelitian ini berguna untuk melatih daya ingat dan menambah pengetahuan anak dalam belajar atau mengenali alat musik tradisional di Indonesia.

Kata Kunci : Alat Musik Tradisional di Indonesia, Augmented Reality, anak-anak