Last modified: 2022-10-08
Abstract
Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan salah satu penilaian yang dirancang oleh pemerintah untuk mengukur kemampuan literasi dan numerasi peserta didik di Indonesia. AKM dirancang untuk memperbaiki kualitas belajar dan mengajar yang secara tidak langsung berdampak pada peserta didik. Dalam meningkatkan kualitas pendidikan, diperlukannya keterampilan abad ke-21. Salah satu kemampuan yang wajib dimiliki adalah berpikir kritis. Penelitian ini ditujukan untuk peserta didik kelas VII SMP Stella Duce 2 Yogyakarta dengan tujuan untuk mengukur kesiapan peserta didik dalam menghadapi AKM. Selain itu, penelitian ini dilakukan juga dengan tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam menyelesaikan soal AKM khususnya pada materi geometri dan pengukuran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan dengan menggunakan soal tes dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian 20,7% peserta didik berada dikategori rendah, 59,8% kategori sedang, dan 19,5% berada di kategori tinggi. Beberapa kendala yang dialami peserta didik dalam mengerjakan soal (1) lupa rumus; (2) kesulitan menuliskan langkah penyelesaian; dan (3) tidak percaya diri.