Open Conference Systems, Seminar Nasional Sanata Dharma Berbagi 2022

Font Size: 
KAJIAN ETNOMATEMATIKA PADA CANDI BARONG SEBAGAI BAHAN AJAR PADA MATERI GEOMETRI
Ester Natasya Panjaitan, Anisa Wirawati, Dewina Artha Miranda Ambarita

Last modified: 2022-10-08

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kajian matematika yang berhubungan dengan etnomatematika pada Candi Barong di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Tujuan dari penelitian eksplorasi ini adalah  untuk mengenali dan mengeksplorasi aktivitas fundamental matematika yang ada pada Candi Barong yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar matematika serta sebagai upaya untuk mengembangkan etnomatematika sebagai basis pembelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif eksploratif dengan teknik pengumpulan data dengan studi literatur, dan observasi lingkungan Candi Barong yang mengaitkan aktivitas fundamental pada pembelajaran matematika salah satunya materi geometri. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat unsur matematika berupa bangun datar yaitu bangun segiempat dan segitiga, yang kemudian dikaitkan dengan aktivitas fundamental yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika yakni (1)counting digunakan untuk menghitung jumlah candi dan anak tangga pada Candi, (2)measuring digunakan untuk mengkur luas teras pada candi dan luas candi, (3)locating digunakan untuk menentukan arah mata angin pada candi ,(4) desaining digunakan untuk mencari bangun segiempat dan segitiga pada candi, (5)playing digunakan untuk menentukan aturan penyusunan batu, dan (6)explaining digunakan untuk mengetahui sejarah dan makna relief yang terdapat pada Candi Barong.

Keywords


Etnomatematika, Aktivitas Fundamental Matematika, Candi Barong