Last modified: 2022-10-10
Abstract
Abstrak
Matematika merupakan salah satu pembelajaran yang memiliki peran penting dalam ‘kehidupan sehari-hari. Matematika seringkali dianggap abstrak sehingga matematika salah satu pembelajaran yang sukar untuk direpresentasikan. Dalam membangun pola pikir yang lebih realistik, perlu adanya pembelajaran matematika yang dikembangkan dengan mengaitkan unsur yang ada disekitar kita contohnya kebudayaan. Etnomatematika sebagai salah satu kajian dalam pembelajaran matematika yang mengaitkan konsep budaya. Salah satu kebudayaan di Indonesia yang dapat kita kaji dalam etnomatematika adalah Candi Ijo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek-aspek matematis yang terdapat pada Candi Ijo dan mendeskripsikan implementasi aspek-aspek matematis pada Candi Ijo dalam pembelajaran matematika khususnya pada materi bangun ruang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dan menggunakan metode deskriptif eksplorasi. Teknik analisis data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi di lingkungan Candi Ijo yang mengaitkan aktivitas fundamental pada pembelajaran matematika. Hasil dari eksplorasi Candi Ijo terhadap aktivitas fundamental yang dikaitkan dengan pembelajaran matematika diperoleh (1) counting yaitu menghitung jumlah bangun ruang pada candi, (2) measuring yaitu mengukur luas permukaan dan volume pada bangun ruang (3) locating yaitu menentukan letak dan arah bangunan pada candi, (4) designing yaitu menganalisis bentuk candi dan melihat sifat-sifat bangun ruang dari candi yang dianalisis, (5) playing yaitu menentukan teknik untuk merawat candi, (6) explaining yaitu mengetahui sejarah dan makna dari unsur-unsur yang terdapat pada candi.
Kata kunci: etnomatematika, aktivitas fundamental, Candi Ijo