Open Conference Systems, Seminar Nasional Sanata Dharma Berbagi 2022

Font Size: 
EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA CANDI SARI KALASAN SEBAGAI BAHAN AJAR MATEMATIKA SMP
Debora Kristyn Manalu, Renata Putri Fauziah, Silvia Dwi Saputri

Last modified: 2022-10-09

Abstract


Abstrak

Etnomatematika merupakan strategi pembelajaran dengan mengaitkan unsur budaya dalam pelajaran matematika. Penelitian ini adalah penelitian yang berhubungan dengan etnomatematika pada Candi Sari Kalasan Yogyakarta dengan tujuan untuk mengetahui aspek - aspek matematis yang terdapat pada Candi Sari Kalasan dan mengetahui implementasi dari aspek - aspek matematis tersebut dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini digolongkan ke dalam penelitian eksploratif dengan pendekatan etnografi dan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat aspek geometri bidang (lingkaran, segitiga, persegi, dan persegi panjang). Aspek-aspek matematis tersebut dikaji dari keenam aktivitas fundamental matematis yang terdiri dari counting digunakan untuk menghitung banyaknya anak tangga, measuring digunakan untuk menentukan dimensi candi, designing digunakan untuk menentukan aspek-aspek bangun datar pada candi, playing digunakan untuk mengetahui aturan dalam penyusunan batu, explaining digunakan untuk mengetahui makna relief pada candi, locating digunakan untuk mengetahui letak dan arah Candi. Aspek - aspek matematis yang ada dapat dikembangkan dan diimplementasikan pada pembelajaran matematika SMP melalui bahan ajar berupa modul pembelajaran.

Kata Kunci: Etnomatematika, Candi Sari Kalasan, Bahan ajar