Open Conference Systems, Seminar Nasional Sanata Dharma Berbagi 2022

Font Size: 
KLASTERISASI PROFIL DOSEN DALAM PEMBELAJARAN ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19
Agnes Maria Polina, Christiyanti Aprinastuti, Hari Suparwito

Last modified: 2022-10-09

Abstract


Proses pembelajaran berubah dari pembelajaran tatap muka di kelas ke pembelajaran online pada masa pandemi Covid-19. Salah satu hal yang perlu dilakukan adalah menganalisis kesiapan dosen dalam menghadapi pembelajaran online. Tujuan penelitian adalah melakukan klasterisasi profil dosen dalam menghadapi pembelajaran online. Metode klasterisasi menggunakan pendekatan Machine Learning dengan algoritma K-means. Data diambil dari 274 dosen yang mengembalikan kuesioner selama bulan  Mei – Juli 2021. Kuesioner terdiri dari 27 pertanyaan dalam bentuk skala Lickert (1-4). Teknik Boruta digunakan untuk menentukan 5 variabel paling signifikan (variable importance) dalam klastering. Hasil klasterisasi menunjukkan bahwa dosen terbagi menjadi 2 kelompok besar dengan kriteria sebagai berikut: fokus pada kemandirian mahasiswa, materi pembelajaran, metode pembelajaran, dan eksplorasi pengetahuan baru.

Kata kunci: Boruta, Klasterisasi, K-means, Pembelajaran online, Variable importance.