Open Conference Systems, Seminar Nasional Sanata Dharma Berbagi 2022

Font Size: 
EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA ALAT MUSIK TRADISIONAL KENDANG JAWA TENGAH
Elvi Sartika Purba, Curnelia Clara Devi Wahyuningtias, Maria Anjelina Agho

Last modified: 2022-10-09

Abstract


Budaya merupakan cara hidup berkembang yang dimiliki sekelompok orang dan diwariskan secara turun temurun. Budaya kerap dikaitkan dengan pendidikan yang dikenal dengan etnomatematika. Salah satu penerapan etnomatematika dalam dunia pendidikan khususnya dalam pembelajaran matematika yaitu etnomatematika alat musik tradisional di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, mengkaji, dan mendeskripsikan hasil kajian yang berkaitan dengan budaya alat musik tradisional kendang yang berasal dari Jawa Tengah berdasarkan 6 aktivitas fundamental matematis menurut Bishop terdiri atas (1) counting (membilang), (2) locating (meletakkan), (3) measuring (mengukur), (4) designing (merancang), (5) playing (memainkan), (6) explaining (menjelaskan). Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian adalah jenis data sekunder. Data tersebut merupakan data yang sudah diolah yang diambil dari sumber data buku elektronik, artikel jurnal online serta sumber-sumber lain yang membahas tentang alat musik tradisional kendang yang sudah dipublikasikan. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis yaitu mencari data mengenai variabel berupa buku elektronik, artikel jurnal online dan lainnya. Data tersebut dianalisis kemudian diperoleh kesimpulan adanya keterkaitan antara alat musik kendang terhadap pembelajaran matematika. Hasil penelitian ini menunjukkan sejarah dan filosofi dari alat musik tradisional kendang serta terdapat aktivitas fundamental matematis pada konsep matematika terutama pada bidang geometri.


Keywords


Etnomatematika, Kendang, Geometri.