Open Conference Systems, Seminar Nasional Sanata Dharma Berbagi 2022

Font Size: 
EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA CANDI MENDUT MUNGKID DAN IMPLEMENTASINYA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Savira Erdia Kusuma, Nadia Rustyningsih, Yulisa Ananda Putri

Last modified: 2022-11-07

Abstract


Etnomatematika didefinisikan sebagai penggunaan matematika dari kelompok budaya yang dapat diidentifikasi dan dianggap sebagai studi matematika yang ditemukan dalam budaya yang berbeda. Salah satu aplikasi etnomatematika ini terdapat pada Candi Mendut yang terletak di kawasan Borobudur, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah. Candi Mendut adalah megastruktur konseptual matematis yang dibangun  berabad-abad  yang lalu di mana teknologi modern belum dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk membahas tentang ajaran, filosofi, dan konsep matematika yang terdapat dalam Candi Mendut. Penelitian ini menggunakan metode eksploratif dengan pendekatan historis dan kultural. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Candi mendut sebagai produk etnomatematika menyajikan berbagai konsep agama dan budaya (2) Dalam konsep matematika terdapat aktivitas fundamental yang ditemukan, seperti aktivitas counting, measuring, desainging, locating, playing dan explaining. (3) Implementasi etnomatematika dalam pembelajaran matematika meliputi bangun datar, bangun ruang, dan kesebangunan.


Keywords


Candi Mendut; Etnomatematika; Konsep Matematika; Sejarah