Open Conference Systems, Seminar Nasional Sanata Dharma Berbagi 2022

Font Size: 
Proses Berpikir Lateral Siswa dalam Matematika ditinjau Berdasarkan Prestasi Belajar Matematika
Yafet K Pandu, St Suwarsono

Last modified: 2022-10-26

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses berpikir lateral siswa ditinjau berdasarkan prestasi belajar matematika. Subjek penelitian ini sebanyak tiga siswa SMA Negeri 1 Alor Barat Daya dengan masing-masing tingkat prestasi belajar matematika tinggi, sedang dan rendah. Pengumpulan data dilakukan dengan tes prestasi belajar matematika, tes berpikir lateral dan wawancara. Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses berpikir lateral siswa dengan prestasi belajar matematika tinggi sudah terpenuhi berdasarkan indikator berpikir lateral. Dengan kata lain semakin baik prestasi belajar matematika maka semakin baik kemampuan berpikir lateral siswa. Proses berpikir lateral siswa dengan prestasi belajar matematika sedang sebagian sudah terpenuhi berdasarkan indikator berpikir lateral. Jika prestasi belajar matematika sedang maka kemampuan berpikir lateral yang sedang juga. Proses berpikir lateral siswa dengan prestasi belajar matematika rendah belum terpenuhi indikator berpikir lateral siswa. Semakin rendah prestasi belajar matematika maka semakin rendah kemampuan berpikir lateral siswa.


Keywords


Lateral thinking in mathematics, mathematics learning achievement, gender