Open Conference Systems, Seminar Nasional Sanata Dharma Berbagi 2022

Font Size: 
PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS BOARD GAME UNTUK MEMPERKUAT PEMBELAJARAN BIOLOGI SELAMA PANDEMI COVID-19
Hendra Michael Aquan, Antonius Tri Priantoro, Maslichah Asyari

Last modified: 2022-11-15

Abstract


Pandemi Covid-19 mengubah sistem pendidikan Indonesia dari offline menjadi online. Menurut penelitian, koneksi internet yang buruk berdampak pada pembelajaran online. Kondisi ini terjadi di kota-kota besar dan daerah terpencil. Dengan demikian, banyak proses pembelajaran di daerah terpencil yang cenderung terhenti karena kurangnya konektivitas internet. Namun, beberapa guru masih berusaha membantu siswa untuk terus belajar. Guru dalam situasi ini, membutuhkan bantuan, terutama dalam menyediakan perangkat pembelajaran yang tersedia dan murah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi topik-topik biologi yang sulit diajarkan di SMP dan untuk mengembangkan serta menyediakan media pembelajaran yang dibutuhkan untuk topik-topik terkait. Proyek penelitian dan pengembangan ini menggunakan pendekatan ADDIE. Data diperoleh melalui kuesioner online. Produk yang dihasilkan kemudian divalidasi oleh para ahli sebelum diujicobakan pada sejumlah kecil orang. Produk yang diberi nama bioboardgame ini terdiri dari dua board game tentang sistem ekskresi dan peredaran darah manusia, dan sebuah situs web yang berisi dua item board game tersebut. Nilai validasi produk sebesar 81% yang berarti sangat valid. Guru dapat menggunakan produk ini untuk membantu proses belajar mereka selama pandemi Covid-19 dengan mengunduhnya dari situs web yang disediakan.


Keywords


bioboardgame, learning media, monopoli game, take me out game