Open Conference Systems, Seminar Nasional Sanata Dharma Berbagi 2022

Font Size: 
KAJIAN ETNOMATEMATIKA PADA ALAT MUSIK TRADISIONAL REBANA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KHUSUS LINGKARAN
Jeane Maya Parinding, Sisilia Nau, Dominika Eka Ayu Septiani

Last modified: 2022-11-17

Abstract


Etnomatematika adalah pembelajaran tentang budaya dimana matematika muncul dengan memahami penalaran dan sistem matematika yang digunakan. Pada hakikatnya kebudayaan adalah hasil buah karya manusia, sedangkan matematika adalah pengetahuan yang didasarkan pada penalaran yang berkorelasi dengan objek dan pikiran konseptual. Indonesia kaya akan budaya salah satunya adalah alat musik tradisional yaitu rebana. Sejarah filosofi, ukuran, dan bentuk dari alat musik tersebut dapat dijadikan sebagai objek pembelajaran matematika.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis, mengkaji, dan mendeskripsikan hasil kajian yang berkaitan dengan budaya alat musik tradisional rebana. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik studi kepustakaan. Teknik pengumpulan data melalui informasi mendalam dan pengumpulan data dari berbagai literatur, referensi lain dan hasil penelitian terdahulu yang relevan. Teknik analisis data menggunakan enam aktivitas fundamental menurut Bishop yaitu menghitung, menempatkan, mengukur, bermain, merancang, dan menjelaskan. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat sejarah dan filosofi dari alat musik tradisional rebana dan konsep-konsep matematis pada alat musik tradisional rebana yang digunakan dalam pembelajaran matematika khususnya geometri yaitu lingkaran.

Kata Kunci: Etnomatematika, Rebana, Geometri, Lingkaran