Open Conference Systems, Seminar Nasional Sanata Dharma Berbagi 2022

Font Size: 
EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA CANDI MENDUT MUNGKID DAN IMPLEMENTASINYA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Savira Erdia Kusuma, Nadia Rustyningsih, Yulisa Ananda Putri

Last modified: 2022-11-09

Abstract


Etnomatematika sebagai penggunaan matematika dari kelompok-kelompok budaya yang dapat diidentifikasi dan dianggap sebagai studi matematika. Salah satu aplikasi etnomatematika ini terdapat pada Candi Mendut yang terletak di kawasan Borobudur, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk membahas tentang sejarah, filosofi, dan konsep matematika yang terdapat dalam Candi Mendut. Dalam penelitian ini menggunakan metode eksploratif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini meliputi: (1) Candi mendut sebagai produk etnomatematika menyajikan berbagai konsep agama dan budaya (2) Terdapat aktivitas fundamental yang ditemukan, seperti aktivitas counting, yaitu menghitung banyaknya elemen-elemen Candi Mendut, dan mengetahui banyak pengunjung serta harga tiket masuk. Aktivitas locating, yaitu mengetahui letak Candi Mendut serta kedudukannya dengan Candi Pawon dan Candi Borobudur. Aktivitas measuring, yaitu mengetahui luas Candi Mendut. Aktivitas designing yaitu menentukan aspek-aspek geometri pada Candi Mendut. Aktivitas playing yaitu mengetahui penentuan arah bangunan dan kegiatan rehabilitasi atap Candi Mendut. Aktivitas explaining yaitu mengetahui filosofi, sejarah dan makna relief pada bangunan Candi Mendut (3) Implementasi etnomatematika dalam pembelajaran matematika meliputi bangun datar, bangun ruang, dan kesebangunan.

Keywords


Candi Mendut; Etnomatematika; Konsep Matematika; Sejarah