Open Conference Systems, Seminar Nasional Sanata Dharma Berbagi 2022

Font Size: 
KAJIAN ETNOMATEMATIKA PADA CANDI SARI KALASAN SEBAGAI BAHAN AJAR MATERI BANGUN DATAR SMP
Debora Kristyn Manalu, Renata Putri Fauziah, Silvia Dwi Saputri

Last modified: 2022-11-09

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian yang berhubungan dengan etnomatematika pada Candi Sari Kalasan di Daerah Istimewa Yogyakarta dengan tujuan untuk mengetahui aspek - aspek matematis yang terdapat pada Candi Sari Kalasan dan mengetahui implementasinya dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif dengan pendekatan etnografi dan metode penelitian dokumentasi, wawancara serta observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat aktivitas fundamental matematis pada Candi Sari Kalasan terutama aspek geometri bidang (lingkaran, segitiga, persegi, dan persegi panjang). Aktivitas fundamental matematis yang diperoleh terdiri dari (1) counting digunakan untuk menghitung banyaknya anak tangga, (2) measuring digunakan untuk menentukan dimensi candi, (3) designing digunakan untuk menentukan aspek-aspek bangun datar pada candi, (4) Playing digunakan untuk mengetahui aturan dalam penyusunan batu, (5) explaining digunakan untuk mengetahui makna relief pada candi, (6) locating digunakan untuk mengetahui letak dan arah Candi Sari Kalasan.

Keywords


Aktivitas Fundamental Matematis, Candi Sari Kalasan, dan Etnomatematika.