Font Size:
ETNOMATEMATIKA: EKSPLORASI IMPLEMENTASI AKTIVITAS FUNDAMENTAL PADA CANDI IJO
Last modified: 2022-11-15
Abstract
Matematika seringkali dianggap pembelajaran yang abstrak sehingga sukar untuk direpresentasikan. Dalam membangun pola pikir yang lebih realistik, perlu adanya pengembangan pembelajaran matematika yang berkaitan dengan unsur kebudayaan. Etnomatematika merupakan pembelajaran matematika yang mengaitkan konsep budaya. Salah satu kebudayaan di Indonesia yang dapat dikaji adalah Candi Ijo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengimplementasikan aspek-aspek matematis pada Candi Ijo dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif eksplorasi. Teknik analisis data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi yang mengaitkan aktivitas fundamental pada pembelajaran matematika. Hasil eksplorasi Candi Ijo terhadap aktivitas fundamental diperoleh (1) counting: menghitung jumlah candi yang terdapat pada kompleks Candi Ijo, (2) measuring: mengukur luas permukaan dan volume pada bangun ruang, (3) locating: menentukan letak dan arah bangunan pada candi, (4) designing: menganalisis bentuk candi dan melihat sifat-sifat bangun ruang dari candi yang dianalisis, (5) playing: menentukan teknik penyusunan batu dan menentukan teknik untuk merawat candi, (6) explaining: mengetahui sejarah dan makna dari unsur-unsur yang terdapat pada candi.
Keywords
Aktifitas Fundamental, Candi Ijo, Etnomatematika