Last modified: 2022-11-10
Abstract
Pembelajaran ideal menuntut guru dapat mengembangkan kualitas pembelajaran secara terampil dan progresif sesuai dengan keterampilan abad 21. Keterampilan abad 21 menekankan komponen creativity, critical thinking, communication dan problem solving. Partisipan dalam penelitian ini adalah guru dari 5 SMP di Yogyakarta, Bekasi dan Bandar Lampung. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan soal literasi sains dalam bentuk aplikasi berbasis android. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan Borg&Gall pada 5 tahap yaitu research and information collecting, planning, develop preliminary form a product, preliminary field testing dan main product revision. Penelitian ini menggunakan dua metode pengumpulan data, yaitu wawancara dan kuesioner. Produk yang dihasilkan dari tahap pengembangan berupa aplikasi soal literasi sains. Produk kemudian divalidasi oleh satu ahli media, satu ahli materi, dan dua praktisi pembelajaran. Skor validasi adalah 3,8 dengan kriteria “sangat baik”. Penelitian ini menyimpulkan bahwa aplikasi soal literasi sains berbasis android memiliki kualitas untuk diujicobakan dalam proses pembelajaran.