Open Conference Systems, Seminar Nasional Sanata Dharma Berbagi 2022

Font Size: 
PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF EDPUZZLE PADA MATERI BAKTERI KELAS X SMA
Claudia Mustikasari, Luisa Diana Handoyo

Last modified: 2022-11-12

Abstract


Abstrak: Penerapan proses pembelajaran campuran di beberapa sekolah, membutuhkan adaptasi baru. Berdasarkan hasil wawancara analisis kebutuhan di lima SMA di Yogyakarta, ditemukan masalah terkait motivasi peserta didik yang menurun, pendidik yang kurang bisa memantau proses pembelajaran, serta durasi pembelajaran yang terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan serta kelayakan video interaktif Edpuzzle, khususnya pada materi bakteri kelas X SMA. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE. Penelitian ini hanya menerapkan tiga dari lima langkah model ADDIE, yaitu hingga tahap pengembangan saja. Produk divalidasi oleh dua guru biologi SMA sebagai ahli bidang materi dan media, satu dosen ahli materi, dan satu dosen ahli media. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis validitas diperoleh skor rata-rata validasi media sebesar 3,80 dengan kriteria “Sangat Baik” dan skor rata-rata materi sebesar 3,61 dengan kriteria “Sangat Baik”. Rerata validitas akhir produk diperoleh sebesar 3,71 dengan kriteria “Sangat Baik”. Hal ini menunjukkan bahwa video interaktif Edpuzzle pada materi bakteri kelas X SMA memiliki kualitas sangat baik dan layak untuk diuji coba dalam skala terbatas.

Kata kunci : Bakteri kelas X SMA, Edpuzzle, Video pembelajaran