Open Conference Systems, Seminar Nasional Sanata Dharma Berbagi 2022

Font Size: 
PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS FLIPPED CLASSROOM PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI KELAS XI SMA
Maria Liliana Suwe Jawa, Ika Yuli Listyarini

Last modified: 2022-11-19

Abstract


Pandemi covid-19 menyebabkan perubahan pelaksanaan pembelajaran yakni melalui sistem pembelajaran online. Pelaksanaan pembelajaran online ini memiliki beberapa kendala dan permasalahan. Keterbatasan waktu menyebabkan guru tidak dapat menyiapkan media pembelajaran menarik, sehingga peserta didik merasa bosan. Materi yang dianggap sulit adalah materi sistem reproduksi karena bersifat abstrak.  Solusi dari permasalahan ini adalah pengembangan E-modul berbasis flipped classroom. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-modul berbasis flipped classroom dan mengetahui kelayakan produk tersebut.

Jenis penelitian yang digunakan Research and Development dengan model pengembangan Borg dan Gall. Penelitian ini hanya melakukan lima tahapan penelitian meliputi 1) potensi dan masalah; 2) pengumpulan data; 3) desain produk; 4) validasi desain dan revisi desain. Teknik pengumpulan data yang digunaan yaitu wawancara analisis kebutuhan dan kuesioner validasi produk. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. E-modul ini dikembangkan dengan Flip PDF Professional dan mengandung komponen tulisan, gambar dan video. Hasil validasi aspek media E-modul adalah 3,64 dan aspek materi 3,75 serta termasuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil validasi yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pengembangan E-modul berbasis flipped classroom layak diujicobakan kepada peserta didik dalam skala terbatas.


Keywords


E-modul, flipped classroom, sistem reproduksi manusia.