Open Conference Systems, Seminar Nasional Sanata Dharma Berbagi 2022

Font Size: 
PENGARUH BLENDED LEARNING, KEMANDIRIAN BELAJAR, DAN PARTISIPASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI
Angelina Shinta Kartika Dewi, Kurnia Martikasari

Last modified: 2022-11-21

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh blended learning, kemandirian belajar, dan partisipasi belajar terhadap prestasi siswa mata pelajaran Ekonomi.

Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori yang dilaksanakan di SMA Bentara Wacana Muntilan pada bulan Oktober 2022. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 70 siswa. Sampel diambil menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dengan bantuan google form. Teknik analisis data dengan analisis regresi berganda.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa blended learning, kemandirian belajar, dan partisipasi belajar secara simultan berpengaruh terhadap prestasi siswa mata pelajaran Ekonomi.

Keywords


blended learning, kemandirian belajar, partisipasi belajar, dan prestasi belajar.