Open Conference Systems, Seminar Nasional Sanata Dharma Berbagi 2022

Font Size: 
ANALISIS PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PELAKSANAAN PRINSIP PEMBELAJARAN HIBRID DI PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS SANATA DHARMA
Dominikus Arif Budi Prasetyo, Chatarina Enny Murwaningtyas, Margaretha Madha Melissa

Last modified: 2022-11-12

Abstract


Pandemi Covid 19 yang terjadi sejak awal tahun 2020 membawa banyak perubahan cara hidup di dunia. Cara belajar mengajar pun tidak terhindar dari perubahan tersebut. Selama perkuliahan di masa pandemi, prodi Pendidikan Matematika USD telah menyusun prinsip-prinsip pembelajaran jarak jauh daring.  Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis persepsi mahasiswa terhadap pelaksanaan perkuliahan hybrid yang diadakan di prodi Pendidikan Matematika USD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Peneliti menyebarkan kuesioner terkait persepsi pelaksanaan perkuliahan melalui googleform. Kuesioner dibuat berdasarkan prinsip pembelajaran yang diadaptasi dari 10 Prinsip Pembelajaran Jarak Jauh Daring. Responden yang terkumpul dalam penelitian ini sebanyak 106 mahasiswa prodi Pendidikn Matematika Universitas Sanata Dharma pada semester genap tahun ajaran 2021/2022 yang terdiri dari angkatan 2018, 2019, 2020 dan 2021. Hasil dari penelitian ini adalah sebanyak 68,87% mahasiswa responden pernah mengikuti perkuliahan secara luring di kampus dan persepsi mahasiswa terhadap pelaksanaan perkuliahan hybrid berdasarkan adaptasi 10 prinsip pembelajaran jarak jauh daring yang dikembangkan di prodi menunjukkan hasil 5 prinsip dengan kategori sangat baik, 4 prinsip dengan kategori baik dan 1 prinsip dengan kategori cukup.

Keywords


perkuliahan hybrid; persepsi; prinsip pembelajaran hybrid