Open Conference Systems, Seminar Nasional Sanata Dharma Berbagi 2022

Font Size: 
UJI KELAYAKAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI PADA MATERI PROSES METABOLISME KELAS XII
Fitri Kusumawati, Hendra Michael Aquan

Last modified: 2022-11-12

Abstract


Biologi merupakan mata pelajaran yang memiliki banyak objek pembelajaran yang umumnya kontekstual dan dekat dengan kehidupan siswa. Namun, ada beberapa materi biologi yang abstrak dan sulit diajarkan oleh guru. Misalnya materi tentang proses metabolisme kelas XII. Kesulitan ini dirasakan oleh 5 guru biologi SMA yang menjadi responden dalam penelitian ini. Mereka menyarankan agar pembelajaran materi metabolisme sebaiknya menggunakan media audio visual. Dapat membantu siswa memahami materi dengan baik. Solusi yang ditawarkan adalah dengan mengembangkan media pembelajaran berbasis video animasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan video pembelajaran animasi di kelas XII untuk materi metabolisme. Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Penelitian dilakukan hingga tahap desain. Validasi dilakukan oleh ahli media dan bahan untuk menilai kelayakan produk. Validasi aspek materi mendapat skor 3,5 dan skor aspek materi 3,6. Kedua skor tersebut menyatakan bahwa media yang dikembangkan berada pada kategori sangat baik. Keputusannya, media pembelajaran dapat digunakan untuk tahap implementasi secara terbatas berdasarkan perbaikan dari validator


Keywords


ADDIE, Animated learning video, Biology animation video, Metabolism material, RnD