Open Conference Systems, Seminar Nasional Sanata Dharma Berbagi 2022

Font Size: 
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS BLENDED LEARNING TERINTEGRASI E-LEARNING JOGJABELAJAR PADA MATERI VIRUS KELAS X
Yohanes Ryan Kristiantoro, Luisa Diana Handoyo

Last modified: 2022-11-12

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui hasil validasi pengembangan perangkat model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Blended Learning terintegrasi E-Learning JogjaBelajar pada materi virus kelas X. Penelitian dan pengembangan menggunakan jenis penelitian R&D (Research dan Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Penelitian ini menggunakan tiga dari lima tahap penelitian, yaitu Analisis (Analysis), Perancangan (Design), dan Pengembangan (Development). Produk yang dikembangkan divalidasi oleh empat ahli pembelajaran. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Produk yang dihasilkan dari tahap pengembangan berupa perangkat pembelajaran Silabus dan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Hasil validasi produk oleh empat validator menunjukkan nilai rata-rata 3,57 untuk Silabus dan 3,47 untuk RPP dengan kriteria keduanya “Sangat Baik”. Produk Silabus dan RPP yang dirancang layak untuk diuji coba secara terbatas setelah dilakukan revisi berdasarkan komentar dan saran para validator.


Keywords


Learning model, Problem based learning, Blended learning, Virus, R&D.