Font Size:
PELUANG PENELITIAN VIRTUAL REALITY PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA: SEBUAH LITERATURE REVIEW
Last modified: 2022-11-12
Abstract
Virtual reality (VR) dikenal sebagai teknologi yang dapat memberi kesempatan bagi seseorang yang menggunakannya untuk melihat dan merasakan lingkungan yang didesain secara virtual tetapi seolah-olah nyata. Keunggulan VR adalah merangsang indra perasa seperti penglihatan, pendengaran, dan sentuhan dalam konteks 3D. Hal ini menarik perhatikan penulis untuk melihat perkembangan penelitian VR dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang berimplikasi pada peluang-peluang baru yang dapat dikembangkan untuk penelitian lanjutan. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah studi literatur (literature review). Metode ini dilakukan dengan mengumpulkan lima artikel ilmiah pada jurnal dan artikel prosiding berbahasa Indonesia yang diperoleh dari database Google Scholar. Peneliti meninjau artikel ilmiah dengan kata kunci virtual reality, media virtual reality, pembelajaran bahasa Indonesia, dan VR. Adapun rentang tahun antara 2019—2022. Ditemukan dari lima artikel yang dianalisis, penelitian virtual reality masih pada tataran menulis dan berbicara dalam konteks subjek siswa SMP, SMA, dan BIPA. Asumsi peneliti, penelitian virtual reality pada pembelajaran bahasa Indonesia memiliki peluang yang sangat besar di Indonesia. Simpulan yang dapat diambil adalah media virtual reality berpotensi menjadi topik penelitian di masa depan.
Keywords
penelitian virtual reality, pembelajaran bahasa Indonesia, VR