Last modified: 2024-07-20
Abstract
Di abad 21, transformasi pendidikan telah mengalami percepatan berkat kemajuan teknologi. Salah satu inovasi yang menonjol ialah penggunaan PhET Simulasi, sebuah plaltform yang menyediakan simulasi interaktif untuk pembelajaran sains dan matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif untuk mengeksplorasi integrasi PhET Simulasi dalam pembelajaran dapat mempengaruhi proses dan hasil belajar peserta didik. Fokus utama dari penelitian ini adalah memahami persepsi guru dan peserta didik terhadap penggunaan PhET simulasi serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas implementasinya. Desain penelitian yang digunakan yaitu studi kasus kualitatif. Selain itu, pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa teknologi berperan penting dalam inovasi pembelajaran dengan menggunakan PhET Simulasi secara signifikan dapat meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam kelas. Siswa terlihat lebih antusias dan aktif berpartisipasi dalam diskusi serta eksperimen virtual. Oleh karena itu PhET Simulasi dapat menjadi alat efektif dalam transformasi pendidikan di era digital.