Last modified: 2024-10-02
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan kerjasama siswa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning Learning (PBL) berbantuan permainan “bola sakti” pada pembelajaran IPA kelas VII. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 3 Sumberjambe yang berjumlah 18 orang. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan non tes berupa observasi. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan kemampuan komunikasi siklus I memperoleh nilai rata-rata 50,8% dengan kriteria rendah, setelah diberikan tindakan siklus II nilai rata-rata mengalami peningkatan menjadi 66,6% dengan kriteria sedang. Sedangkan untuk kemampuan kerjasama juga mengalami peningkatan, yaitu pada siklus 1 nilai rata-ratanya 42,9% dengan kriteria rendah, setelah diberikan tindakan siklus II kemampuan kerjasama siswa meningkat menjadi 69,3% dengan kriteria tinggi. Berdasarkan hasil tersebut, penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan permainan “bola sakti” dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan kerjasama siswa kelas VII SMPN 3 Sumberjambe pada materi ekologi dan keanekaragaman hayati di Indonesia ditandai dengan meningkatnya kemampuan komunikasi dan kerjasama siswa.