Last modified: 2024-10-02
Abstract
Di abad 21, transformasi pendidikan telah mengalami percepatan berkat kemajuan teknologi. Salah satu inovasi yang menonjol ialah penggunaan PhET Simulasi, sebuah plaltform yang menyediakan simulasi interaktif untuk pembelajaran sains dan matematika. Tujuan penelitian ini, untuk mengeksplorasi phET sebagai alat yang efektif dalam mendukung pembelajaran inovatif dan bagaimana integrasi teknologi ini berkontribusi terhadap transformasi pendidikan di abad ke-21 khususnya informan dari SMP Negeri 3 Bajeng. Bagaimana implikasi dan manfaat dari penerapan teknologi ini dalam konteks pembelajaran yang lebih luas. Metode penelitian yaitu penelitian kualitatif dengan menggunakan desain studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi; wawancara dan observasi. Selain itu, teknik analisis data menggunakan analisis tematik. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa teknologi berperan penting dalam inovasi pembelajaran dengan menggunakan PhET Simulasi secara signifikan dapat meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam kelas. Siswa terlihat lebih antusias dan aktif berpartisipasi dalam diskusi serta eksperimen virtual. PhET Simulasi mampu memenuhi kebutuhan belajar di abad 21 melalui dukungan informan siswa dan guru SMP Negeri 3 Bajeng. Oleh karena itu PhET Simulasi dapat menjadi alat efektif dalam transformasi pendidikan di era digital.