Last modified: 2024-09-17
Abstract
Dalam menghadapi era pendidikan yang semakin membawa kepraktisan dalam bertindak dan mengambil keputusan, pendidikan mengambil peran penting dalam membentuk karakter keunggulan manusiawi (human excellence) di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan data atau informasi penting terkait profiling karakteristik peserta didik kelas VII SMP PL Bintang Laut Surakarta sehingga dapat dijadikan pijakan untuk mengoptimalkan kegiatan pembelajaran dengan harapan dapat menghasilkan peserta didik berkarakter unggul. Karakteristik keunggulan manusia yang akan diteliti adalah karakter Competence, Compassion, Conscience, dan Commitment (4C). Metode yang dilaksanakan dalam penelitian ini adalah pengisian angket skala likert dan jurnal refleksi kepada peserta didik dengan indikator karakter 4C yang sudah ditentukan serta observasi proses pembelajaran di kelas. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa peserta didik kelas VII-D dan VII-E di SMP PL Bintang Laut mayoritas memiliki karakter 4C yang rendah. Dalam rangka pembentukan karakter 4C sebagai karakter human excellence solusi yang ditawarkan dalam studi ini adalah pembelajaran berbasis paradigma pedagogi Ignatian/Reflektif (PPI/PPR). Kegiatan pembelajaran dengan rangka PPI dapat membantu mengasah karakter human excellence (4C) pada peserta didik.