Last modified: 2024-10-02
Abstract
Kemampuan literasi merupakan kemampuan terkait pemahaman, intepretasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan literasi penting bagi siswa sebagai dasar mempelajari sesuatu hal baru, keterampilan, kemampuan berpikir kritis, serta menjadi bekal untuk perpartisipasi dalam masyarakat global. Kemampuan literasi siswa tingkat sekolah dapat dilihat dari hasil asesmen yang diselenggarakan secara nasional dikenal dengan nama Asesmen Nasional (AN) khususnya pada hasil Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) bidang literasi membaca. Saat ini kemampuan literasi siswa tingkat Sekolah Dasar masih berada dalam taraf sedang (40-70% diatas kompetensi minimum). Soal literasi model AKM yang sesuai dengan konteks lokal daerah siswa belum banyak ditemukan dan masih dibutuhkan oleh guru dan siswa. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan ini memiliki tujuan mengembangkan soal literasi membaca model AKM untuk kelas V Sekolah Dasar dengan budaya Mentawai. Prosedur pengembangan pada penelitian ini menggunakan langkah ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate) khususnya langkah Analyze, Design, dan Develop. Hasil dari penelitian ini adalah tersusunnya soal literasi membaca model AKM untuk kelas V Sekolah Dasar dengan budaya Mentawai yang telah divalidasi dan selanjutnya diimplementasikan kepada siswa salah satu Sekolah Dasar di Mentawai.