Last modified: 2024-10-02
Abstract
Learning Analytics (LA) merupakan sebuah metode analisis data pendidikan yang digunakan untuk memberikan gambaran mengenai kondisi siswa ataupun pendidikan secara keseluruhan. Pemanfaatan LA muncul akibat masifnya pemanfaatan big data di era digital dalam berbagai sektor kehidupan, termasuk pendidikan. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan mengenai LA, metode yang dipakai pada LA, beberapa contoh praktik LA di berbagai negara, tantangan serta strategi penerapan LA di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah Narrative Literature Review (NLR). Penelitian ini menyintesis 38 publikasi ilmiah yang berkaitan dengan metode dan implementasi LA di berbagai lembaga pendidikan yang dipublikasikan dalam rentang waktu 2011-2024 berdasarkan pencarian menggunakan aplikasi Publish or Parish dan terindeks pada Google Scholar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LA dimengerti sebagai proses pengukuran, pengumpulan, analisis, dan pelaporan data tentang siswa dan segala konteksnya. Tujuannya untuk mengoptimalkan pembelajaran serta lingkungan belajar. Ada lima metode analisis utama yang digunakan dalam LA. Di beberapa negara LA digunakan untuk mengidentifikasi siswa yang berisiko gagal, mengalokasikan sumber daya secara efektif, membantu merumuskan kebijakan pendidikan. Adapun beberapa tantangan penerapan LA di Indonesia, yakni lemahnya keamanan siber, risiko penyalahgunaan data siswa, infrastruktur teknologi dan sumber daya manusia yang belum memadai, serta validitas dan reliabilitas data yang rendah akibat manipulasi data.