Last modified: 2024-10-02
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pendidikan reflektif yang mengolah tiga daya jiwa manusia yaitu nalar, hati nurani dan tindakan nyata yang dilakukan di SMA Kolese De Britto. Di samping itu, penelitian ini bertujuan untuk memberikan alternatif dalam mendidik di dunia pendidikan dalam rangka membentuk karakter manusia yang bermartabat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Responden penelitian ini adalah guru, peserta didik, alumni, dan orang tua siswa. Data diperoleh dengan melalui wawancara terhadap responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model Miles, Hubberman, dan Saddana yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembangunan karakter yang bermartabat dilaksanakan di SMA Kolese De Britto melalui Paradigma Pedagogi Reflektif (PPR) sudah dilaksanakan dengan baik. Hasil refleksi perlu mendapatkan komitmen oleh siswa dan komitmen pendampingan oleh guru, orang tua, dan pimpinan sekoalh. Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan mendasarkan pada paradigma tersebut baik kegiatan yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun di luar proses pembelajaran. Untuk mendukung keberhasilan pelaksanaan PPR, SMA Kolese De Britto melibatkan pihak-pihak yang berkepentingan termasuk orang tua siswa dan alumni.