Open Conference Systems, Seminar Nasional Sanata Dharma Berbagi: Seni dan Budaya 2023

Font Size: 
PENGARUH MOTIVASI MENJADI GURU, PERSEPSI KESEJAHTERAAN GURU TERHADAP MINAT MAHASISWA FKIP MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI GURU
Tiara Kusumaningtyas, Natalina Premastuti Brataningrum

Last modified: 2023-10-17

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh positif dari motivasi menjadi guru, dan persepsi kesejahteraan guru terhadap minat mahasiswa FKIP mengikuti Pendidikan Profesi Guru.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode ex-post facto yang dilaksanakan pada bulan Maret sampai Mei 2023. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma tahun 2019 yang berjumlah 1.043 mahasiswa. Sampel sebanyak 281 mahasiswa dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif motivasi menjadi guru dan persepsi kesejahteraan guru dengan minat mahasiswa FKIP mengikuti Pendidikan Profesi Guru. Hasil penelitian ini dibuktikan dengan nilai F hitung sebesar 94.086 dan nilai sig. 0,000.

 


Keywords


motivasi menjadi guru; persepsi kesejahteraan guru; minat mahasiswa FKIP mengikuti Pendidikan Profesi Guru