Last modified: 2023-10-20
Abstract
Pemahaman matematika dalam konteks dunia nyata masih dianggap sulit dipahami oleh kalangan siswa. Etnomatematika dapat menjadi salah satu alternatif yang efektif dalam mengembangkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan aktivitas pembelajaran berbasis etnomatematika Tebing Breksi menggunakan MathCityMap untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah kontekstual siswa pada materi geometri, gradien, volume bangun ruang tak beraturan, jarak, waktu dan kecepatan, trigonometri, dan luas bangun datar. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Hasil penilaian aktivitas pembelajaran etnomatematika menggunakan MathCityMap di Tebing Breksi oleh teman sejawat memiliki rata-rata 3,56, dengan skor maksimal 5 artinya nilai rata-rata tersebut masuk dalam kriteria baik, sehingga aktivitas MathCityMap di tebing breksi layak digunakan. Hasil dari penelitian ini yaitu hasil aktivitas pembelajaran berbasis etnomatematika menggunakan MathCityMap yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah kontekstual siswa pada materi geometri, gradien, volume bangun ruang tak beraturan, jarak, waktu dan kecepatan, trigonometri, dan luas bangunn datar.