Open Conference Systems, Seminar Nasional Sanata Dharma Berbagi: Seni dan Budaya 2023

Font Size: 
STRATEGI GURU DALAM MEMPERSIAPKAN SISWA UNTUK MENGHADAPI ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) NUMERASI
Nadita Dasa Fatmalia Putri, Putu Purnama Sari, Haniek Sri Pratini

Last modified: 2023-10-21

Abstract


Tiga komponen utama Asesmen Nasional terdiri dari Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter (SK), dan Survei Lingkungan Belajar (SLB). Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi dan model pembelajaran yang digunakan oleh guru untuk membimbing siswa menghadapi AKM Numerasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif untuk menggambarkan strategi dan model pembelajaran yang digunakan guru mempersiapkan para siswa menghadapi AKM. Subjek penelitian ini merupakan salah seorang guru matematika di SMP Negeri 1 Yogyakarta. Instrumen utama penelitian ini adalah peneliti sendiri dan instrumen yang lain adalah pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Kesimpulannya yaitu: 1) menyusun RPP yang memuat soal AKM numerasi yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari serta melaksanakannya sesuai dengan RPP tersebut, 2) menggunakan model pembelajaran yang dapat menunjang siswa untuk berlatih mengerjakan soal AKM Numerasi misalnya Problem Based Learning (PBL) dan Penugasan Berjenjang.


Keywords


Asesmen Kompetensi Minimum Numerasi, Problem Based Learning, Penugasan Berjenjang