Open Conference Systems, Seminar Nasional Sanata Dharma Berbagi: Seni dan Budaya 2023

Font Size: 
HUBUNGAN PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DAN MOTIVASI MENGAJAR DENGAN KESIAPAN MENGAJAR GURU DI SEKOLAH PUSAT KEUNGGULAN SMK NEGERI 1 KOTABUMI
Hayuningtyas Saksono, Ignatius Bondan Suratno

Last modified: 2023-10-31

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dengan kesiapan mengajar guru di Sekolah Pusat Keunggulan SMK Negeri 1 Kotabumi; (2) hubungan motivasi mengajar dengan kesiapan mengajar guru di Sekolah Pusat Keunggulan SMK Negeri 1 Kotabumi. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei-Juni 2023. Sampel penelitian ini adalah Guru SMK Negeri 1 Kotabumi yang berjumlah 60 orang. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner. Uji reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha dan uji analisis data dilakukan dengan menggunakan korelasi product moment.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tidak adahubungan yang signifikan antara penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dengan kesiapan mengajar yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi (r) sebesar -0,168 dan Sig. (2-tailed) = 0,201; (2) tidak ada hubungan yang signifikan antara motivasi mengajar dengan kesiapan mengajar yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,185 dan Sig. (2-tailed) = 0,157.

 


Keywords


penerapan Kurikulum Merdeka Belajar, motivasi mengajar dan kesiapan mengajar.