Open Conference Systems, Seminar Nasional Sanata Dharma Berbagi: Sosial dan Humaniora 2023

Font Size: 
UPAYA MENINGKATKAN SIKAP KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PBL PADA KELAS V SD KANISIUS BABADAN
Kuniy Naili Sa'adah, Eres Sereta, Sonia Ajie Wulandari, Brigida Intan Printina

Last modified: 2023-06-05

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap kerjasama dan hasil belajar siswa kelas V SD Kanisius Babadan Tahun pelajaran 2022/2023 pada materi bentuk interaksi manusia dengan lingkungan melalui penerapan model pembelajaran PBL. Metode penelitian adalah penelitian Tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam dua siklus dan penelitian ini menggunakan desain Kurt Lewin. Subyek penelitian merupakan siswa kelas V SD Kanisius Babadan sebanyak 22 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Data hasil observasi, data hasil angket, dan data hasil belajar siswa dianalisis menggunakan teknik analisis data kuantitatif deskriptif. Penerapan model pembelajaran PBL dikatakan berhasil dalam meningkatkan sikap kerjasama dan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan rata-rata nilai hasil belajar pada  materi bentuk interaksi manusia dengan lingkungan pada siklus II sebanyak 82,00 yang lebih besar dibandingkan dengan hasil tes pada siklus I dengan nilai rata-rata 76,00. Selain itu berdasarkan indikator sikap kerjasama juga menujukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hal tersebut terlihat dari akumulasi jumlah siswa dengan kategori sikap kerjasama tinggi dan sangat tinggi pada siklus I sebanyak 16 Orang (72,7%), kemudian pada siklus II meningkat menjadi 20 orang (90,9%).

Kata kunci: Hasil belajar, sikap kerjasama, PBL