Open Conference Systems, Seminar Nasional Sanata Dharma Berbagi: Sosial dan Humaniora 2023

Font Size: 
Penerapan Computational Thinking Pada Pokok Bahasan Jaring-Jaring Kubus
Muhammad Khoiri Zaroh, Widha Ari Nur Setyawan, Kintan Linimasih Linimasih

Last modified: 2023-06-05

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil penerapan computational thinking dalam mata pelajaran Matematika pokok bahasan jaring jaring kubus. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar, kemampuan guru dalam megelola pembelajaran serta respon peserta didik setelah pembelajaran. Rancangan penelitian yang digunakan adalah one-shot case study dengan subyek adalah 24 siswa kelas V-C SD Kanisius Sengkan pada tahun ajaran 2022/2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Hasil belajar peserta didik setelah diterapkan computational thinking pada pada pokok bahasan jaring-jaring kubus di kelas VC SD Kanisius Sengkan secara klasikal tercapai dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 83%. (2) Kemampuan guru dalam pelaksanaan pembelajaran yag menerapkan computational thinking pada pokok bahasan jaring-jaring kubus di kelas VC SD Kanisius Sengkan memperoleh skor rata-rata 3,75 yang dapat dikategorikan baik. (3) Respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan penerapan computational thinking pada pokok bahasan jaring-jaring kubus di kelas VC SD Kanisius Sengkan adalah positif dengan mencapai 96%.

 

Kata Kunci : Pembelajaran matematika, computational thinking