Open Conference Systems, Seminar Nasional Sanata Dharma Berbagi: Sosial dan Humaniora 2023

Font Size: 
Peningkatan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar PPKn Kelas III Melalui Model Problem Based Learning
'Ainun Ma'rifah, Maryam Wahyuningsih, Siti Aminatul Maghrifah, Brigida Intan Printina

Last modified: 2023-06-05

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik kelas III Natural SD Joannes Bosco Yogyakarta dalam pembelajaran PPKn melalui penerapan model Problem based learning. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif, menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari 3 tahap yaitu perencanaan, tindakan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah Peserta didik kelas III Natural SD Joannes Bosco Yogyakarta yang berjumlah 22 peserta didik. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, skala, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kuantitatif dan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar dan hasil belajar PPKn peserta didik kelas III Natural mengalami peningkatan melalui penerapan model problem-based learning. Hal ini dapat dilihat dari persentase pra siklus motivasi belajar peserta didik sebesar 68,18%, siklus I sebesar 76,30%, dan siklus II sebesar 85,11%. Selain itu, persentase pra siklus hasil belajar peserta didik yang mengalami ketuntasan sebesar 50%, siklus I sebesar 69%, dan siklus II sebesar 87%. Dengan demikian, pembelajaran PPKn kelas III Natural SD Joannes Bosco Yogyakarta melalui penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik.

Keywords


hasil belajar, motivasi belajar, problem-based learning (PBL).