Open Conference Systems, Seminar Nasional Sosial dan Humaniora

Font Size: 
PENGUATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENGANYAM UNTUK SISWA KELAS 1SD
Fransiska Wahyuningsih, Christiyanti Aprinastuti

Last modified: 2023-06-05

Abstract


Dampak pandemi Covid – 19 menyebabkan kemampuan motorik siswa kelas rendah kurang terasah, khususnya pada kelas 1. Hal ini terjadi karena pembatasan aktivitas dan pembelajaran sebelumnya dilaksanakan secara daring. Padahal usia kanak – kanak tengah aktif mengeksplor lingkungan melalui kegiatan yang menyenangkan. Mengingat anak usia 5- 7 tahun masih senang bermain. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan siswa selama pembelajaran menganyam di kelas. Adapun jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu guru, menyatakan bahwa standar kompetensi siswa kelas 1 diturunkan 2 tahun akibat pandemi. Sehingga aktivitas pada siswa kelas 1 seperti pembelajaran TK. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas 1 SD sebanyak 29 siswa. Dari kegiatan menganyam yang telah dilakukan peneliti mendapatkan bahwa kebanyakan siswa masih memerlukan bantuan dalam menganyam. Selain itu, masih banyak ditemui hasil anyaman yang kurang rapat jarak antar strip anyamannya. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan motorik halus pada siswa kelas 1 masih perlu diperkuat.