Last modified: 2023-06-07
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai penerapan model pembelajaran PjBL oleh mahasiswa PTB UNJ di SMK selama program Praktik Keterampilan Mengajar (PKM) di SMKN 1 Cibinong, SMKN 1 Jakarta, SMKN 4 Tangerang Selatan, dan SMKN 58 Jakarta. Penerapan yang diteliti ialah berdasarkan sintaks PjBL yang terdiri dari enam fase yaitu 1) mengajukan pertanyaan mendasar, 2) merencanakan dan menentukan proyek, 3) membuat jadwal penyelesaian proyek, 4) memonitor peserta didik dan perkembangan proyek, 5) menilai proyek yang dihasilkan, (6) mengevaluasi kegiatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini, yaitu wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pada kegiatan inti pelaksanaan model pembelajaran dengan sintaks PjBL oleh mahasiswa yang sedang praktik mengajar masih banyak yang belum terpenuhi seperti pada fase 1, 2, 3, 5, dan 6, sedangkan untuk fase 4 sudah optimal.