USD Conference Systems, Seminar Nasional Sosial dan Humaniora

Font Size: 
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATERI BIOTEKNOLOGI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI SMAN 6 MADIUN
Frina Prastika, Cicilia Novi Primiani, Ima Agung Nurcahyo

Last modified: 2023-06-07

Abstract


Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi Bioteknologi dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian dilakukan kepada peserta didik kelas XB SMAN 6 Madiun yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan tes berupa soal postest pada siklus 1 berjumlah 10 soal dan soal postest pada siklus 2 berjumlah 10 soal. Penelitian ini menggunakan deskriptif komparatif sebagai Teknik analisis data. Hasil penelitian yaitu diperoleh data peserta didik pada siklus 1 ketuntasan sebesar 17 peserta didik (49%), hasil tersebut belum mencapai indikator keberhasilan sebesar 80% (28 peserta didik tuntas KKM). Dilanjutkan pada siklus 2 diperoleh data peningkatan ketuntasan hasil belajar kognitif sebesar 82% (29 peserta didik) sudah memenuhi indikator keberhasilan 80%. Sehingga dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik.

Keywords


Problem Based Learning, Hasil belajar, Kognitif

slot online slot gacor slot