USD Conference Systems, Seminar Nasional Sosial dan Humaniora

Font Size: 
MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MATERI STATISTIKA
Endah Saraswati, Katarina Ciesa Maharani Wardoyo, Veronika Jaga Liko, Sri Prihatin Hartati, Haniek Sri Pratini

Last modified: 2023-06-05

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa SMP N 1 Yogyakarta melalui penerapan model project based learning tahun pelajaran 2022/2023 pada materi statistika. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian tindakan kelas ini ialah siswa kelas VII D SMP N 1 Yogyakarta sebanyak 32 siswa sebagai subjek penerima tindakan, sedangkan subjek pelaku tindakan ialah guru matematika SMPN 1 Yogyakarta. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui teknik wawancara, tes, observasi dan dokumentasi. Penelitian Tindakan ini dilakukan dalam dua siklus, tiap-tiap siklus terdiri dari: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII D SMP N 1 Yogyakarta tahun pelajaran 2022/2023. Peningkatan tersebut ditunjukkan dari kualitas proses pembelajaran yang tercermin dari keaktifan dan minat siswa dalam selama pembelajaran. Hasil dari penelitian ini diharapkan setelah peneliti melakukan siklus 1 dan siklus 2, siswa kelas VII D SMP N 1 Yogyakarta terdapat peningkatan terkait minat belajar dan hasil belajar siswa.

Keywords


materi statistika, minat belajar, hasil belajar, penelitian tindakan kelas, project based learning

slot online slot gacor slot