Font Size:
MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MATERI STATISTIKA
Last modified: 2023-06-05
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa SMP N 1 Yogyakarta melalui penerapan model project based learning tahun pelajaran 2022/2023 pada materi statistika. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian tindakan kelas ini ialah siswa kelas VII D SMP N 1 Yogyakarta sebanyak 32 siswa sebagai subjek penerima tindakan, sedangkan subjek pelaku tindakan ialah guru matematika SMPN 1 Yogyakarta. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui teknik wawancara, tes, observasi dan dokumentasi. Penelitian Tindakan ini dilakukan dalam dua siklus, tiap-tiap siklus terdiri dari: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII D SMP N 1 Yogyakarta tahun pelajaran 2022/2023. Peningkatan tersebut ditunjukkan dari kualitas proses pembelajaran yang tercermin dari keaktifan dan minat siswa dalam selama pembelajaran. Hasil dari penelitian ini diharapkan setelah peneliti melakukan siklus 1 dan siklus 2, siswa kelas VII D SMP N 1 Yogyakarta terdapat peningkatan terkait minat belajar dan hasil belajar siswa.
Keywords
materi statistika, minat belajar, hasil belajar, penelitian tindakan kelas, project based learning