Open Conference Systems, Seminar Nasional Sanata Dharma Berbagi: Sosial dan Humaniora 2023

Font Size: 
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PIRAMIDA UANG TERHADAP KETERAMPILAN MENGHITUNG UANG SISWA KELAS III SLB/B
Maria Simforiani Ulus, Irine Kurniastuti

Last modified: 2023-06-05

Abstract


Telah dilakukan penelitian pengaruh penggunaan media pembelajaran piramida uang terhadap keterampilan membaca dan menghitung uang siswa kelas III SLB/B. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiman. Subyek penelitian terdiri atas delapan orang siswa tunarungu di SLB/B Dena Upakara Wonosobo. Hasil penelitian diuji menggunakan uji statistic deskriptif yakni uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran piramida uang berpengaruh terhadap keterampilan menghitung dan membaca nilai uang kelas III SLB/B Dena Upakara Wonosobo. Hasil paired samples t test menunjukkan rerata posttest (M = 85,0000, SE = 6,81385) lebih tinggi dari pretest (M = 57,5000, SE = 5,90097) dengan t (7) = -4,919 dan perbedaan tersebut signifikan, p = 0,002 (p < 0,05). Besar pengaruh perlakuan ditunjukkan dengan r = 0,880 yang masuk kategori efek “besar” atau setara dengan 78%. Tingkat efektivitas ditunjukkan dengan nilai N-gain score sebesar 62,899% yang masuk kategori efektivitas “menengah”.