Font Size:
Penerapan Pendekatan Computational Thinking Pada Pembelajaran PPKn Kelas III Materi Hak dan Kewajiban di Sekolah
Last modified: 2023-06-06
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan respon peserta didik terhadap pembelajaran menggunakan pendekatan computational thinking. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menganalisis instrumen hasil belajar dan respon siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 12 siswa tuntas dan 1 siswa tidak tuntas, persentase ketuntasan siswa mencapai 92,3% atau lebih dari 80% maka ketuntasan belajar siswa secara klasikal tercapai. Sedangkan hasil respon siswa dari 8 indikator secara keseluruhan diperoleh rata-rata persentase sebesar 97%, dimana setelah dilakukan konversi data kuantitatif ke data kualitatif, termasuk dalam kategori “sangat baik”. Berdasarkan hasil tersebut dapat diartikan bahwa penerapan pendekatan computational thinking pada pembelajaran PPKn kelas III tentang hak dan kewajiban siswa sekolah dasar telah berhasil dilaksanakan.