Open Conference Systems, Seminar Nasional Sanata Dharma Berbagi: Sosial dan Humaniora 2023

Font Size: 
KESADARAN DAN KOMITMEN GURU DI KABUPATEN MAPPI TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR
Ignatia Esti Sumarah, Kintan Limiansih, Agnes Herlina Dwi Hadiyanti

Last modified: 2023-06-05

Abstract


Pendidikan di Indonesia sedang bertransformasi, termasuk dalam hal pendidikan karakter. Karakter pelajar Pancasila yang menjadi tujuan pengembangan karakter dapat terwujud jika guru memiliki profil guru yang Pancasilais. Jenis penelitian ini ialah deskriptif kualitatif, bertujuan untuk menguraikan hasil evaluasi dan refleksi guru terhadap pelaksanaan pendidikan karakter yang telah diimplementasikan di sekolah. Responden dalam penelitian ini adalah 39 guru SD di Kabupaten Mappi yang diambil dengan teknik voluntary sampling. Instrumen dalam penelitian ini berupa kuesioner terbuka dan tertutup yang diolah melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil evaluasi dan refleksi guru menunjukkan adanya kesadaran dan komitmen terhadap pendidikan karakter di Kabupaten Mappi. Hal ini dibuktikan dengan adanya: 1)   Skor evaluasi berkisar pada nilai 4 (dari rentang nilai 1-5) yang artinya baik. 2) Guru mampu melakukan  refleksi dan memaknai aktivitas yang dilakukan dalam konteks penerapan pendidikan karakter di sekolahnya. Masih diperlukan pendampingan dan pemantauan secara berkelanjutan sehingga guru dapat memiliki komitmen yang kuat dan dapat mengembangkan cara-cara baru untuk melaksanakan pendidikan karakter yang sesuai dengan konteks Papua.