Last modified: 2023-06-06
Abstract
Abstrak
Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel (SPLTV) merupakan materi penting yang harus dipelajari siswa SMA karena materi tersebut prasyarat pada materi fungsi. Namun seringkali ditemukan siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan kontekstual pada materi SPLTV. Oleh karena itu, penelitian ini memiliki tujuan untuk mendesain Hypothetical Learning Trajectory (HLT) pada pembelajaran SPLTV kelas X. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain research dengan tipe validation studies yang terdiri dari tiga tahapan yaitu desain pendahuluan, percobaan desain dan analisis retrospektif. Namun penelitian ini hanya berfokus pada tahap desain pendahuluan karena peneliti hanya melakukan kajian literatur yang meliputi learning obstacle, level kognitif siswa, dan analisis kurikulum siswa SMA kelas X. Hasil dari kajian literatur didapatkan learning obstacle bahwa siswa tidak mengerti bagian penting permasalahan, tidak mengerti mempresentasikan permasalahan ke dalam bentuk matematis dan tidak mengerti metode penyelesaian SPLTV. Berdasarkan level kognitif siswa didapatkan remaja dapat berpikir logis dan melakukan kegiatan kognitif tingkat tinggi. Berdasarkan kurikulum siswa dapat mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah SPLTV yang berkaitan dengan permasalahan kontekstual. Dengan demikian artikel ini contoh desain HLT untuk mengidentifikasi dan menyelesaiakan permasalahan kontekstual terkait materi SPLTV berdasarkan learning obstacle, level kognitif siswa, dan analisis kurikulum siswa SMA kelas X.
Kata kunci: Learning obstacles, Hypothetical Learning Trajectory(HLT), Sistem Persamaan Tiga Variabel (SPLTV).