Open Conference Systems, Seminar Nasional Sanata Dharma Berbagi: Sosial dan Humaniora 2023

Font Size: 
PENGEMBANGAN PROTOYPE MEDIA PEMBELAJARAN PIZZA SKITTLE MATERI PECAHAN UNTUK SISWA KELAS 2 SEKOLAH DASAR
Anggita Dwi Puspitasari

Last modified: 2023-06-05

Abstract


ABSTRAK

Materi pecahan pada mata pelajaran matematika adalah materi yang dipelajari secara bertahap sejak kelas bawah sekolah dasar. Melalui observasi di kelas 2 salah satu sekolah swasta di kota Yogyakarta, sebagian siswa kurang mampu memahami materi pecahan dengan baik. Dalam kesempatan lain melalui wawancara dengan tim guru kelas 2, mereka menyampaikan bahwa capaian pembelajaran siswa di materi pecahan cukup rendah. Hal tersebut diakibatkan dari fase perkembangan siswa kelas 2 yang belum memiliki kemampuan abstraksi serta minimnya ketersediaan media pembelajaran yang dapat digunakan siswa untuk memahami materi. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun media pembelajaran konvensional pada materi matematika pecahan kelas 2 sekolah dasar. Konsep media pembelajaran yang akan dibangun adalah menggunakan konsep media montessori skittle dengan sedikit pengembangan dalam bentuk ataupun cara penggunaannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Research and Development (RnD) dengan model penelitian ADDIE. Media Pembelajaran Pizza Skittle yang akan dibangun diharapkan dapat membantu siswa kelas 2 sekolah dasar dalam memahami materi pecahan.

Kata kunci: matematika, pecahan, pizza skittle

ABSTRACT

Fraction in maths subject is one of the materials that is learned gradually since the lower class of elementary school. Through observation in grade two one of private schools in Yogyakarta city, some of students were not able to understand fractions well. On another occasion through an interview with grade two teacher team, they said that the achievement in fractions was quite low. This is the result of the stage of development of grade two students who do not yet have abstraction abilities and also the lack availability of learning media that can help students to understand the material. Therefore, this research is aim to build fraction conventional learning media for grade two elementary school. The concept of this learning media is using the montessori skittle media but with a little development in the form or way to use. The method that used in this research is Research and Development (RnD) with research model ADDIE. The Pizza Skittle Learning Media that will be built is expected to be able to help elementary school students in grade 2 understand fraction material.

Keywords: mathematic, fraction, pizza skittle