USD Conference Systems, Seminar Nasional Sosial dan Humaniora

Font Size: 
Sekolah Jam Lima Pagi Efektifkah? (Suatu Kajian Kebijakan)
Eny Winarti, Agata Shintia Talu

Last modified: 2023-06-06

Abstract


Kebijakan sekolah jam 05.30 yang digulirkan oleh Viktor Laiskodat selaku gubernur NTT menuai pro dan kontra. Meskipun kebijakan ini didesain khusus agar mahasiswa NTT menjadi lebih kompetitif, kebijakan ini tetaplah menuai kritik. Sebagian mengatakan bahwa pembelajaran di pagi hari akan lebih efektif dibanding pembelajaran di siang atau sore hari ketika cuaca sangat tidak mendukung. Akan tetapi, dari sisi orang tua dan guru, kegiatan pembelajaran terlalu awal berpeluang menawarkan stres yang berlebihan. Seperti efek domino, kondisi stres ini memberikan peluang pada munculnya isu kesehatan. Artikel ini berisi tentang tanggapan secara akademis dari sisi psikologis, mental, sosial dan kesehatan untuk menimbang untung dan rugi pelaksanaan kebijakan.

Keywords


efektivitas pembelajaran, kebiasaan belajar, kebijakan sekolah

slot online slot gacor slot